Penyebab Ruam Merah Dan Gatal Di Kulit


Reihan Mataruli

By Reihan Mataruli
Kamis, 28 Juli 2016 08:59:09

Selamat pagi dok, saya mengalami ruam merahpada kulit dan terasa gatal. Terlebih ruam tersebut terasa panas ketika malam hari jika cuaca sedang dingin. Kira-kira itu penyebabanya apa ya? dan adakah obat maupun cara alami untuk mengatasinya? Mohon di jawab ya dok



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Jum'at, 29 Juli 2016 13:42:35

Ruam atau kemerahan pada kulit, adalah bentuk iritasi yang terjadi dikulit. Ruam kulit bisa terjadi pada semua orang, baik dewasa maupun anak-anak, meskipun memang lebih sering terjadi pada anak-anak.

Beberapa jenis ruam pada kulit, diantaranya:

Eksim atau dermatitis atopik, ruam yang sering terjadi pada anak-anak, eksim bisa menyebabkan tampilan kulit menjadi kering, pecah-pecah, & kasar disekitar siku dan lutut.

Dermatitis akibat iritasi kontak, disebabkan karena kulit bersentuhan dengan zat yang menimbulkan iritasi, bisa berupa bahan kimia tertentu, sabun atau detergen. Dermatitis ini ditandai dengan kulit yang kemerahan, bengkak, & gatal. Luka terbakar akibat terkena sinar matahari juga merupakan salah satu bentuk iritasi dermatitis menimbulkan kemerahan & juga timbul rasa gatal saat proses penyembuhan.

Dermatitis akibat alergi kontak, ruam yang disebabkan karena bersentuhan dengan zat allergen. Zat allergen adalah zat yang bisa menimbulkan alergi, zat ini bisa berbeda-beda untuk tiap orang, contohnya antara lain: karet, pewarna rambut, nikel (logam yang terdapat pada beberapa perhiasan). Seperti misalnya bila seseorang mempunyai alergi terhadap nikel, maka ia akan mengalami ruam yang berupa kemerahan, bersisik & kasar setiap ada perhiasan dengan bahan tersebut menyentuh kulit, contohnya : ruam di sekitar jari ketika mengenakan cincin yang mengandung zat allergen.

Cara mengatasi ruam,

1. Gunakan kompres dingin, dengan cara membasahi kain bersih dibawah air dingin yang mengalir selama beberapa menit kemudian memeras kelebihan airnya, tempelkan pada ruam.

2. Basuh ruam dengan air dan biarkan mengering, jika ruam diakibatkan oleh reaksi alergi, anda bisa mandi berendam dalam air dingin yang dengan sabun lembut dan membiarkan kulit anda kering dengan sendirinya, cara ini dapat membantu kulit yang memerah atau terasa tidak nyaman.

3. Cobalah berendam dengan air yang dicampur oatmeal, gluten dalam oatmeal memiliki sifat melembabkan dan melapisi kulit ketika anda mandi didalamnya. Lapisan protektif ini dapat membantu meringankan ruam dan mengurangi kemerahan. Dengan mencampurkan satu paket oatmeal dengan air hangat didalam bak mandi dan berendamlah selama kira-kira 20 menit.

4. Anda juga bisa mengatasinya dengan obat oles herbal QnC

Semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top