nama obat panas untuk bayi


zafran

By zafran
Jum'at, 29 Juli 2016 08:17:06

minta referensi dong nama obat panas untuk bayi, anak saya baru berusia 12bulan sering panas dan takut kena kejang .



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Jum'at, 29 Juli 2016 14:36:50

Demam merupakan suatu kondisi ketika suhu tubuh berada di atas batas normal. Peningkatan suhu tubuh ini merupakan reaksi atas sesuatu yang tidak normal, seperti adanya infeksi, baik oleh bakteri ataupun virus.

Pada anak-anak, rekomendasi penggunaan obat penurun panas yaitu jika suhu tubuh mencapai 38,9 derajat atau lebih. Obat penurun panas utama yang sering digunakan yaitu parasetamol. Jika digunakan sesuai dosis dan dalam jangka pendek obat ini paling aman digunakan, baik oleh bayi, anak-anak, atau dewasa. Parasetamol tersedia dalam berbagai bentuk, seperti tablet, sirup, tetes ataupun suppositoria.

Jika parasetamol belum bisa menurunkan suhu tubuh, maka ibuprofen bisa menjadi pilihan yang selanjutnya. Ibu profen memiliki efek menurunkan panas yang lebih kuat daripada parasetamol. Namun, memiliki efek samping yang cukup banyak. Jadi, dari sisi keamanan, ibuprofen jauh lebih buruk. Jangan gunakan obat ini bersamaan dengan parasetamol, karena bisa menimbulkan overdosis. Ibuprofen juga sebaiknya jangan diberikan pada bayi yang berusia dibawah 6 bulan, diberikan pada kondisi demam yang disertai dengan dehidrasi dan muntah, serta tidak boleh diberikan pada penderita demam berdarah, karena bisa meningkatkan risiko pendarahan.

Sebelum memilih jenis obat yang digunakan, sangat penting untuk mengutakan keamanan dari obat tersebut untuk dikonsumsi oleh anak.

Terimakasih, semoga membantu.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top