Pegal diseluruh tubuh


Dini

By Dini
Jum'at, 29 Juli 2016 14:42:15

Bu bidan, saya merupakan seorang pekerja yang sering menghabiskan waktu dengan duduk di kantor. Ketika pekerjaan selesai dan pulang, badan sering terasa sakit dan pegal, terutama ketika akan atau bangun tidur. Bagaimana cara mengatasinya ?
Dan apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya ?

Terimakasih.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Jum'at, 29 Juli 2016 15:19:49

Hai, Dini

Untuk mengatasi dan mencegah rasa pegal di seluruh tubuh akibat terlalu lama duduk bisa dilakukan dengan cara :

Peregangan

Gerakan sederhana jika dilakukan tanpa pertimbangan bisa berakibat fatal bagi tubuh. Peregangan bisa dilakukan sambil duduk dan bisa dimulai dari jari tangan dan pergelangan kaki. Buat gerakan melingkar yang terpusat pda pergelangan tangan dan mata kaki secara terpisah.  Kemudian peregangan bisa dilanjutkan ke otot leher dengan cara menarik leher ke arah dada, ke atas, kiri, dan kanan secara perlahan dan berurutan. Setelah itu, kaitkan jemari kedua tangan dan tarik lurus ke atas selama 30 detik. Dengan tangan masih berkaitan, arahkan tanganke sisi kiri dan kanan selama masing-masing 10 detik. Lakukan hal yang sama untuk posisi tangan berkaitan ke depan, lalu ke belakang.

Untuk melemskan otot pundak, putar pundak dan angkat ke arah telinga sambil menarik napas panjang. Buang napas perlahansambil menurunkan pundak ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak tiga kali.

Latihan Otot

Dalam posisi masih duduk tegak, luruskan kedua tangan ke depan hingga telapak tangan bertumpu pada meja kerja Anda. Setelah itu angkat kedua kaki dari lantai.  Putar tubuh secara bergantian ke kanan dan ke kiri sebanyak 10 kali. Latihan ini sangat baik untuk memebakar lemak dan mengencangkan otot perut.

Setelah itu, sekarang waktunya Anda untuk beranjak dari atas kursi. Berdirilah tegak sambil salah satu tangan bertumpu pada meja kerja. Jika tangan kiri yang bertumpu di meja, maka ayunkan kaki kanan ke samping setinggi sekitar 45 derajat. Setelah itu lakukan kebalikannya masing-masing sebanyak 20 kali. Latihan ini bertujuan untuk membentuk otot paha.

Semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top