Anak Sering Mengeluh Pusing Dan Lemas


Retno Sugibyo

By Retno Sugibyo
Sabtu, 30 Juli 2016 10:10:00

Pagi dok, saya memiliki anak berusia 7 tahun dan kini baru memasuki kelas 1 SD. Namun setelah pulang sekolah anak saya sering kali mengeluhkan kepala pusing dan juga sangat lemas, bahkan sering kali ia terlihat sangat pucat. Apakah penyebab dari kondisi tersebut dok? Dan apa tindakan paling baik untuk mengatasinya? Mohon dengan sangat jawabannya.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Sabtu, 30 Juli 2016 11:19:44

Helo ibu retno,

Menyimak dari beberapa gejala yang telah ibu sebutkan. Ada kemungkinan besar anak anda mengalami penyakit anemia. Anemia sendiri adalah kondisai dimana berkurangnya kadar sel darah merah atau kandungan hemoglobin (Hb) di dalam darah. Tak hanya orang dewasa anak-anakpun dapat mengalami kondisi ini. Gejala pada penderita anemia sendiri adalah mudah mengantuk, sakit kepala, , pucat lama, lemah, letih, kulit kering, kuku kusam dan lain sebagainya.

Anda dapat membaca artikel terkait:
Waspada Gejala Anemia Pada Anak

Ada beberapa penyebab seorang anak mengalami anemia:



  • Penghancuran sel darah akibat infeksi.

  • Defiensi besi

  • Kegagalan sum sum tulang

  • Kekurangan asam folat dan vitamin B12

  • Penyakit kronis.

  • Gangguan pemantanagan sel darah marah.


Selain dari pada itu, penyebab utama anemia adalah asupan makanan yang tidak mencukupi secara kualitas dan kuantitas. Adapun cara menyikapi penyakit anemia sendiri adalah dengan memperbaiki asupapan makanan anak, dengan memberikan makanan yang mengandung asam folat ataupun vitamin B yang dapat memperbaiki kualitas produksi sel darah merah di dalam tubuh. Diantaranya bisa anda dapatan dari:
- Sayuran
- Buah-buahan
- Daging dan seafood
- Daun bawang merah dan telur rebus

Semoga dapat membantu serta bermanfaat.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top