Diare Berkepanjangan


Santi

By Santi
Senin, 01 Agustus 2016 14:10:39

Selamat siang,

Dok, sudah sekitar satu minggu ibu saya mengalami diare. Meskipun sudah mengonsumsi obat, namun diare tersebut masih terus berlanjut. Yang ibu saya rasakan katanya perut sering mulas yang berlebih dan frekuensi feses juga sedikit dan berlendir. Penyebabnya apa ya ? Dan bagaimana cara mengatasinya ?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Senin, 01 Agustus 2016 14:31:39

Hai, Santi.

Diare merupkaan peningkatan jumlah (3 kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dair tinja yang menjadi lunak atau cair dalam waktu 24 jam. Diare dapat terbadi menjadi akut (kurang dari 14 hari), persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan). Konsistensi tinja yang cair yang menjadi karakteristik diare biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Diare bisa menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit yang cukup siginifikan.

Diare umumnya disebabakn oleh kuman yang masuk ke dalam pencernaan. Ketika diare, bakteri atau virus menstimulasi usus untuk berkontraksi lebih cepat dan sekuat tenaga, terutama dalam produksi cairan. Stress, gugup, atau gelisah bisa membuat perut bereaksi. Hal ini sering dialami oleh orang yang memiliki usus yang sensitif dan usus yang bergerak terlalu aktif.

Biasanya diare akan sembuh sendirinya tanpa pengobatan. Namun, jika keluhan diare cukup mengganggu dan tidak dapat diatasi dengan pengobatan biasa, maka sebaiknya kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi dan juga menjaga agar asupan cairan tidak berkurang. Pastikan asupan cairan mencukupi agar tidak tejadi dehidrasi yang bisa menyebabkan kematian.

Semoga membantu.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top