Lutut Berbunyi 'Krek' Setelah Duduk atau Jongkok


Ihsan

By Ihsan
Senin, 01 Agustus 2016 14:12:09

Saya mau menanyakan apa yang menyebabkan lutut berbunyi krek setelah duduk atau jongkok. Karena saya sering sekali mengalaminya. Ketika berbunyi lutut memang tidak terasa sakit. Tapi saya takut itu merupakan salah satu tanda dari penyakit serius. Mohon penjelasannya, terimakasih.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Senin, 01 Agustus 2016 14:47:08

Selamat siang, Ihsan.

Bunyi krek yang terdengar menyertai gerakan lutut pada posisi tertentu dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Jika Anda mengalami keluhan lutut berbunyi tanpa disertai rasa sakit (saat berbunyi), maka kondisi ini dapat disebabkan oleh gelembung udara dalams endi, regangan pada tendon ataupun ligamen. Sedangkan jika lutut terasa nyeri ketika berbunyi, maka kemungkinan kondisi ini bisa diakibatkan karena cedera pada ligamen, cedera meniskus, atau radang sendi (arthritis). Kondisi ini bisa saja berhubungan dengan riwayat cedera atau benturan pada lutut yang tidak ditangani dengan baik.

Untuk mengetahui penyebab keluhan yang Anda alami, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis untuk melakukan pemeriksaan penunjang padal utut Anda. Kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai kondisi lutut anda, dan jika diperlukan maka akan diakukan tes medis seperti X-Ray, MRI, ataupun arthroscopy (teropong sendi) untuk mengetahui lebih jauh.

Pemeriksaan-pemeriksaan tersebut diperlukan untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang sering Anda alami, sehingga dapat dilakukan perencanaan terapi yang tepat. Semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top