Efek Samping Minum Obat Maag Kimia yang Berkepanjangan


Sidik

By Sidik
Senin, 01 Agustus 2016 15:03:16

Dok, apa efek samping yang ditimbulkan akibat konsumsi obat maag kimia berkepanjangan ?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Senin, 01 Agustus 2016 15:05:32

Selamat siang,


Obat maag atau biasa disebut dengan antasida merupakan obat-obatan yang perlu disediakand di rumah, pasalnya seperti yang telah kita ketahui maag merupakan penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat.

Obat maag sendiri dibagi menjadi beberapa golongan, dan setiap golongan memiliki mekanisme kerja tersendiri dalam menangkal penyakit maag. Beberapa golongan obat maag tersebut diantaranya adalah :

Anti Hiperasiditas. Pada golongan ini obat bekerja sebagai penetral kelebihan asam lambung. Otomatis pada golongan ini hanya terdapat obat dari senyawa basa.

Antagonis Reseptor Histamin 2 (H2). Reseptor Histamin 2 (H2) merupakan salah satu pemicu dari ekskresi asam lambung. Obat golongan ini akan merintangi reseptor tersebut, sehingga asam lambung tidak dikeluarkan. Biasanya digunakan untuk menyembuhkan tukak lambung duodenum.

Penghambat Proton Pomp. Ini merupakan golongan obat maag yang bekerja pada pompa proton yang menghasilkan proton (ion H+) yang nantinya akanmembentuk asam lambung. Artinya, obat-obatan golongan ini mampu menghentikan produksi asam lambung langsung pada sumbernya.

Sama halnya dengan obat-obatan yang lainnya, obat maag juga memiliki efek samping, seperti diare, sembelit, pusing dan sakit kepala, ruam pada kulit, mengubah kebiasaan BAB, mulut kering, memicu pertumbuhan bakteri di saluran cerna, hingga hilangnya libido.

Meskipun terkesan jarang dan tidak terlalu berbahaya, namun efek samping dari obat maag sendiri tidak boleh dianggap remeh.

Semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top