Manfaat Konsumsi Air Kelapa Muda Baik Untuk Janin


Tuti Maryati

By Tuti Maryati
Rabu, 03 Agustus 2016 15:13:10

Dok, saya lagi hamil 6 bulan, banyak orang mengatakan katanya kalau lagi hamil harus mengkonsumsi air kelapa muda, karena akan bersih dan bagus pada janin, benarkah begitu?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 03 Agustus 2016 15:19:09

Hai Tuti Maryati ,


Air kelapa merupakan minuman yang enak dan menyegarkan. Air kelapa juga populer sebagai minuman tradisional yang bisa digunakan untuk menyembuhkan keracunan. Dengan kata lain, air kelapa bisa membersihkan pencernaan dari berbagai senyawa yang merusak dan membahayakan tubuh.

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Dan Janin

1. Elektrolit alami
Air kelapa merupakan minuman isotonik yang memiliki keseimbangan level yang sama dengan darah kita. Beberapa produsen minuman kini berlomba-lomba mempromosikan air air kelapa dalam kemasan sebagai minuman isotonik alami. Air kelapa muda mengandung elektolit, klorida, kalsium, potassium (kalium), magnesium, sodium. Kalium (potassium) berperan penting dalam menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Air kelapa juga mengandung protein, serat, mangan, riboflavin, dan vitamin C. Semuanya sangat berperan dalam menjaga stamina dan meningkatkan metabolisme tubuh ibu hamil.

2. Penawar racun
Air kelapa muda itu sangat steril dan murni, mengandung asam lauric yang berperan dalam melawan penyakit. Asam lauric juga terdapat dalam air susu ibu, yang artinya juga lebih baik dari susu bayi kalengan, yang mampu menawarkan racun dalam darah, termasuk virus, jamur dan mikroba lainnya. Air kelapa ini meningkatkan sistem imun yang mengurangi resiko diabetes, kanker, dan penularan HIV yang mungkin terjadi pada ibu maupun janin.

3. Meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) ibu hamil
Asam laurat yang terkandung dalam air kelapa memiliki sifat anti-jamur, anti-bakteri dan anti-virus yang melindungi tubuh terhadap berbagai infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh wanita hamil. Sistem imun tubuh yang meningkat tentunya akan menjadi benteng pertahanan tubuh terhadap serangan berbagai infeksi penyakit sehingga kesehatan ibu dan janin akan lebih terjaga.

4. Baik untuk pencernaan
Pada masa kehamilan, hormon progesteron memperlambat kontraksi otot lambung yang berakibat lambatnya pencernaan. Dengan mengkonsumsi air kelapa, proses pencernaan akan berjalan lancar seperti bisanya. Air kelapa ini juga mengandung nutrisi dan oksigen yang mudah terserap dalam sel tubuh.

Air kelapa juga dapat meningkatkan fungsi usus dan kesehatan pencernaan, serta dapat membantu meringankan sembelit, mulas, dan gangguan pencernaan lainnya yang sering dialami wanita hamil.

Semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top