Cara meningkatkan produksi ASI


Seila

By Seila
Kamis, 04 Agustus 2016 15:55:11

Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Jum'at, 05 Agustus 2016 15:48:22

Selamat siang, Seila

ASI merupakan salah satu sumber nutrisi yang penting untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Pemberian ASI minimal diberikan pada usia 0 hingga 6 bulan, sedangkan batas maksimal pemberian ASI bisa disesuaikan dengan anak Anda.


Produksi ASI akan disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Maka, ketika ASI kosong maka tubuh akan menerima respon untuk membuat ASI lebih banyak. Untuk memperbanyak produksi ASI, Anda  bisa melakukan beberapa tips berikut :



  • Melakukan pijatan yang benar dan tepat akan membantu dalam memperbanyak produksi ASI. Pemijatan dalam dilakukan dari bagian pangkal payudara kemudian tekan dinding dada dengan menggunakan kedua jari. Selanjutnya Anda bisa melakukan gerakan melingkar pada bagian payudara selama beberapa detik lanjutkand engan memindahkan jari pada daerah berikutnya. Anda adpat mengarahkan pijatan dengan memutar atau radial menuju bagian puting. Kemudian kepalkan tangan untuk memberikan tekanan pada masing-masing jari.


  • Memberikan ASI sesering mungkin. Walaupun produksi ASI tidak terlalu banyak, namun dengan cara merangsang produksi ASI maka akan meningkat. Anda bisa meningkatkan frekuensi menyusui bayi atau dengan memerah ASI. Semakin sering penyaluran ASI, maka akan meningkatkan produksi ASI secara alamiah.


  • Anda bisa memompa ASI setelah selesai menyusui, terlebih lagi jika Anda merasa ASI masih banyak. Anda bisa memimpa payudara sekaligus, sehingga lebih menstimulasi produksi ASI dibandingkan jika Anda melakukannya secara bergantian.


  • Memberikan ASI secara bergantian, sehingga bayi tidak bosan dengan bagian kiri atau kanan saja. Bayi akan menyesuaikan dengan cara menghisap. Sebenarnya fungsi utamanya yaitu untuk mengalirkan ASI, sehingga ASI yang sudah diproduksi sebaiknya di alirkan dan ASI akan diproduksi kembali.


  • Berikan bayi kesempatan untuk mengonsumsi ASI dalam waktu yang lama. Tujuan dari cara ini yaitu untuk mengosongkan ASI yang telah diproduksi sehingga merespon produksi ASI selanjutnya.


  • Buat suasana rileks dan tenang, sehingga membuat bayi menyusui lebih lama. Anda bisa menciptakan kominikasi atau membelainya akan memicu hormin oksitosin yang berperan dalam produksi ASI.


  • Rileks saat menyusui merupakan salah satu cara untuk memperbanyak ASI.


  • Perbanyak konsumsi air putih. Selain itu, jus dari buah dan sayur segar juga dapt membantu memperbanyak produksi ASI.


  • Karena ASI yang tidak lancar, terkadang orangtua merasa panik dan memberikan susu formula sebagai pengganti ASI. Padahal, pemberian susu formula bisa menyebabkan kondisi semakin tidak lancar. Bayi akan malas mendapatkan ASI bahkan beberapa kondisi menyebabkan bayi bingung puting. Respon bayi yang tidak maksimal inilah yang menyebabkan volume ASI menjadi berkurang.

    Semoga membantu.



Cara meningkatkan produksi ASI
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi…
- by ,
4 / 5 stars
Balas Pertanyaan


Tambah Pertanyaan
Top