cara menghentikan kebiasaan mengompol pada anak


Rika

By Rika
Senin, 08 Agustus 2016 11:52:09

Selamat siang dok,
Saya merupakan seorang ibu dan memiliki anak yang sering mengompol di malam hari. Saya takut kebiasaan tersebut akan berlangsung hingga besar. Apakah ada cara yang tepat untuk menghentikan kebiasaan mengompol pada anak ?
terimakasih



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Senin, 08 Agustus 2016 13:26:28

Selamat siang, Rika.

Mengompol merupakan istilah untuk seseorang yang buang air kecil tanpa disadarinya saat mereka sedang tidur, terutama pada malam hari. Mengompol pada usia bayi atau anak usia balita masih dianggap normal. Bahkan, mengompol juga lumrah dialami oleh anak-anak usia pra sekolah, yaitu pada anak usia 5 hingga 7 tahun.

Salah satu penyebab utama anak mengompol yaitu karena terlalu banyak minum sebelum tidur, padahal kemampuan tubuh anak terutama usia balita belum bisa memberikan alarm untuk membuat mereka terbangun ketika ingin buang air kecil pada saat tidur.

Penanganan anak yang sering ngompol memang tidak mudah, yang perlu diingat oleh orangtua yaitu jangan memarahi atau menghukum anak yang sering mengompol, karena hal tersebut dapat memperburuk kondisi psikologis anak.

Untuk mengatasi atau menghentikan kebiasaan ngompol pada anak, para orangtua bisa melakukan beberapa tips berikut :



  • Mengatasi kebiasaan mengompol pada anak dengan terapi kebiasaan, salah satunya seperti melatih anak untuk minum 30 menit sebelum tidur kemudian menyuruh atau membawa anak ke kamar mandi untuk buang air kecil sebelum tidur.


  • Mengatasi kebiasaan mengompol dengan alarm kelembaban. Alat ini dianggap sebagai cara yang berguna dan sukses untuk mengatasi anak mengompol, dimana alarm ini terdiri dari probe clip-on sensor.


Jika cara tesebut tidak membantu mengehentikan kebiasaan mengompol, Anda juga bisa memberikan  obat-obatan pada anak, seperti Asetat Desmopressin dan Imipramine (Tofranil). Namun, perlu diingat, obat-obatan hanya diberikan pada anak di atas 7 tahun.

Semoga membantu.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top