efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi


Dina

By Dina
Senin, 08 Agustus 2016 11:55:18

Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya ?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 10 Agustus 2016 15:50:50

Hi, Dina.

Amlodipien merupakan obat yang digunakan untuk membantu mengatasi hipertensi atau tekanan darah tnggi. Amlodipine bekerja dengan cara melemaskan dinding dan melebarkan diameter pembuluh darah. Dampaknya akan memperlancar aliran darah menuju jantung dan mengurangi tekanan darah dalam pembuluh darah.

Biasanya dosis awal amlodipine yaitu 5 mg per hari. Ini bisa ditingatkan ke dosis maksimum, yaitu 10 mg per hari. Dosis ini tentu akan disesuaikan dengan kondisi dan respon pasien terhadap obat ini.

Semua obat berpotensi menimbulkan efek samping. Namun, tidak semua orang akan mengalaminya. Ketika pertama kali mengonsumsi amlodipine, mungkin akan timbul sakit kepala dan kepanasan. Umumnya gejala ini akan membaik dalam beberapa hari.

Namun, jika penderita mengalami efek samping yang berkepanjangan dan menyulitkan, maka segera konsultasikan dengan dokter. Beberapa efek samping lain yang mungkin terjadi yaitu merasa lelah atau pusing, jantung berdegup kencang, merasa mual dan tidak nyaman di bagian perut, serta pergelangan kaki membengkak.

Segera hentikan penggunaan obat jika ibu Anda mengalami reaksi alergi seperti ruam, gatal-gatal, pembengkakan pada wajah, lidah atau tenggorokan, sakit kepala, dan kesulitan napas.

Semga beramnfaat.



efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah…
- by ,
4 / 5 stars
Balas Pertanyaan


Tambah Pertanyaan
Top