cara menghilangkan sendawa pada penyakit asam lambung


Khoerunnisa

By Khoerunnisa
Jum'at, 12 Agustus 2016 11:47:07

Dok, bagaimana sih cara menghilangkan sendawa pada penyakit asam lambung, dan apa saja ciri-ciri asam lambung? mhon dijawab ya dok, mksih..



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Jum'at, 12 Agustus 2016 13:11:38

Hai Khoerunnisa,

Bersendawa biasanya disebabkan oleh kelebihan asupan makanan atau minuman yang mengandung gas seperti soda, buah mentah, jus buah seperti jus apel, kacang polong, dan lain-lain.

Cara yang bisa membantu untuk mengurangi sendawa

Hindari berbaring setelah makan
Lebih baik jalan sebentar atau duduk dengan posisi mendekati lutut 10 menit. Cara ini membantu mencerna makanan dengan lebih baik. Selain itu, pastikan mengunyah dan makan secara perlahan untuk mencegah masuknya udara terlalu banyak.

Konsumsi Jahe
Konsumsi jahe atau biji adas, sepotong jahe kering atau permen jahe setelah makan. Cara ini bisa membantu mengurangi gas di lambung dan meredakan masalah sendawa. Cara ini juga bisa meredakan rasa sakit di perut akibat bersendawa.

Olahraga
Cobalah untuk berolahraga kecil yang membantu mengeluarkan udara dari perut. Berbaringlah dalam posisi terlentang kemudian angkat dan tekankan lutut ke dada. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali. Cara ini dinyatakan bisa membuat seseorang yang sering bersendawa merasa lebih nyaman dan memungkinkan udara keluar dari perut.

Ciri-ciri asam lambung

Perut terasa nyeri seperti terbakar
Perut terasa kembung, mual, bahkan disertai muntah
Sering sendawa juga merupakan salah satu ciri dari meningkatnya asam lambung
Mulut terasa pahit
Penderita mengalami kesulitan untuk menelan makanan
Meningkatnya jumlah produksi air liur, ini merupakan salah satu gejala refluks asam lambung yang terjadi karena tubuh sedang mencuci iritan yang berasald ari dalam perut. Semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top