cara meningkatkan nafsu makan anak


Linda

By Linda
Jum'at, 12 Agustus 2016 14:54:06

Siang, Bu.

Anak saya sekarang berusia 5 tahun dan sangat susah ketika di suruh untuk makan. Saya sudah melakukan berbagai cara agar anak mau makan, hingga memberikannya vitamin penambah nafsu makan. Namun, tidak ada hasilnya. Saya khawatir anak akan kekurangan nutrisi. Apakah ada cara yang efektif untuk meningkatkan nafsu makan anak ?

Terimakasih sebelumnya.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Sabtu, 13 Agustus 2016 15:21:28

Setiap anak pasti pernah mengalami penurunan nafsu makan. Penyebab nafsu makan anak menurun adalah kenyang dengan cemilan, mulai mengenal rasa dan selera, bosan dengan menu makanan, porsi yang berlebihan, sedang aktif-aktifnya dan sedang sakit.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

1.Buatlah jadwal makan yang teratur

Buatlah jadwal makan yang teratur untuk anak yaitu 3 kali sehari, pagi, siang dan malam. Berikan makanan yang kaya akan nutrisi agar dapat merangsang nafsu makan anak.

2.Buatlah variasi menu makanan

Buatlah variasi menu makan , jangan menu makan itu-itu saja. Bila anak anda suka telur, usahakan memasak telurnya dengan cara yang berbeda setiap hari.

3.Batasi minum susu

Batasi anak untuk meminum susu, karena jika terlalu sering meminum susu justru akan membuat perut terasa kenyang , dan si kecil pun tidak berselera untuk makan.

4.Suapi anak saat makan

Membiasakan anak untuk makan sendiri merupakan salah satu cara agar anak mandiri. Namun, bagi sebagian anak hal itu dapat menjadi malas untuk makan. Oleh karena itu, sesekali bunda juga harus menyuapi si kecil.

Masih banyak lagi cara meningkatkan nafsu makan anak diantaranya buat si kecil tertawa, gunakan piring berwarna cerah, latih anak anda supaya tidak minum dulu sebelum makan. Semoga dapat membantu.



Balas Pertanyaan


Tambah Pertanyaan
Top