otot lengan dan kaki kaku serta sakit setelah fitness


Danil

By Danil
Jum'at, 12 Agustus 2016 14:57:00

Selamat siang, Dok.

Pada minggu lalu saya pergi ke gym untuk melakukan fitness setelah beberapa bulan behenti. Tapi, beberapa saat setelah fitness otot lengan dan kaki saya terasa kaku dan sakit. Padahal saya hanya melakukan latihan yang tidak terlalu berat. Itu penyebabnya apa ? Dan cara mengatasinya bagaimana ?
Mohon bantuannya dok, karena kondisi ini sangat mengganggu saya.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Senin, 15 Agustus 2016 12:46:12

Hallo Danil,

Merasa sakit saat pertama kali fitness atau setelah mencoba pola latihan baru? Beberapa orang mengatakan sakit otot setelah fitness itu akibat asam laktat. Hal ini memang ada benarnya namun tidak sepenuhnya benar. sakit atau nyeri akibat penumpukan asam laktat di otot akan hilang dalam waktu yang singkat. Jika sakit yang kita alami terjadi sehari setelah workout atau latihan, hal ini bukan disebabkan oleh asam laktat yang menumpuk di otot tetapi akibat kerusakan mikroskopis otot dan rasa sakitnya tertunda beberapa saat setelah latihan. Ini disebut Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS).

DOMS disebabkan oleh kerusakan mikroskopis otot. Kerusakan ini dapat terjadi ketika pertama kali melakukan latihan atau merubah pola latihan menjadi lebih keras. Semua jenis latihan dapat menyebabkan DOMS, akan tetapi latihan yang mengakibatkan otot memanjang memendek seperti push up, jogging, dan mengangkat turunkan beban lebih sering mengakibatkan rasa sakit dan nyeri DOMS.

Nyeri otot akan terasa setelah 1-3 hari berlatih dan akan hilang setelah 3-5 hari.

Untuk mencegah rasa sakit otot setelah latihan, berlatihlah secara bertahap sehingga otot beradaptasi. Ini akan meminimalisasi rasa sakit yang muncul. Lakukan pemanasan dan pendinginan untuk mengurangi resiko DOMS.


Cara mengurangi rasa sakitnya dengan melakukan pemijatan, kompres es, dan minum anti inflamasi. Selain itu mengkonsumsi vitamin E, Teh, dan BCAA (Branched Chain Amino Acid) dapat mengurangi rasa nyeri otot setelah latihan fitness. Latihan kardio dengan intensitas rendah seperti jalan kaki juga dapat mengurangi rasa sakit.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top