telinga berdengung dan sakit


Dika

By Dika
Jum'at, 19 Agustus 2016 07:42:03

dok, sudah 3 hari ini telinga saya berdengung dan kadang disertai dengan sakit, apalagi jika dipegang dan sedikit ditekan. kadang juga pendengaran menjadi berkurang karena dengungan terdengar sedikit lebih keras. apakah ada obat yang ampuh untuk mengatasinya ? terimakasih



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Jum'at, 19 Agustus 2016 15:56:37

Hallo, Dika.

Telinga berdengung atau berdenging merupakan salah satu kondisi medis yang disebut dengan tinnitus. Kondisi ini terjadi jika terdengar suara-suara abnormal yang berasal dari dalam telinga dan terdengar seperti berdengung, siulan, atau suara bising mesin.

Tinnitus bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari yang ringan hingga serius, seperti mendengar suara yang sangat keras, efek samping penggunaan obat, banyak kotoran telinga, tekanan darha tinggi, adanya tumor dikepala atau leher, dan sebagainya.

Untuk mengatasinya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter THT terdekat. Dokter akan mealkukan pemeriksaan pada telinga Anda. Dengan begitu, dokter bisa mencari solusi pengobatan yang tepat dengan kondisi Anda.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi denging pada telinga, seperti :

Relaksasi. Cemas dan stress akan memperparah kondisi tinnitus. Berpikirlah positif dan lakukan relaksasi untuk mengurangi stress.

Konsumsi obat antidepresan. Jika stress yang disebabkan tinnitus tidak mudah dihilangkan dengan relaksasi, maka Anda bisa mengonsumsi obat abtidepresan sesuai dengan anjuran dokter.

Hindari ruangan hening. Pasalnya hal ini dapat membuat Anda semakin jelas mendengar dengingan. Sebaiknya dengarkan suara-suara yang lebih nyaman dan menenangkan untuk Anda dengan volume yang rendah. Ini akan membantu untuk mengalihkan pendengaran Anda. Lakukan juga hal ini ketika akan tidur.

Gunakan alat bantu dengar. Setelah berkonsultasi dengan dokter, Anda mungkin bisa menggunakan alat bantu dengar. Dengan menggunakannya, maka suara normal akan terdengar lebih jelas dan mengalahkan suara dengingan. Alat ini ditujukan untuk mereka yang memiliki gangguan pendengaran seperti tinitus atau bahkan tuli.

Semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top