timbul benjolan lunak di punggung


Putri Aulia

By Putri Aulia
Jum'at, 19 Agustus 2016 07:46:45

Selamat pagi,
Saya Putri Aulia, dok saya ingin menanyakan apakah benjolan lunak di punggung berbahaya ? Saya khawatir dengan kondisi yang dialami oleh ayah saya. Dipunggungnya timbul benjolan lunak yang semakin hari semakin besar hingga untuk tidur pun agak kesulitan. Sudah pernah diperiksa ke rumah sakit dan dokter mengatakan jika itu tumor dan harus segera di operasi. Tapi, ayah saya menolak karena alasan takut dan memang usia yang sudah cukup lanjut. Apakah ada pengobatan lain yang bisa dilakukan selain operasi ? Saya mohon bantuannya, terimakasih.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Selasa, 23 Agustus 2016 11:41:28

Hallo Putri Aulia, terimakasih sebelumnya telah menggunakan layanan aryanto.id.

Ada kemungkinan benjolan lunak yang terdapat di punggung ayah anda adalah lipoma. Lipoma merupakan salah satu jenis tumor (benjolan) jinak yang terletak di bawah kulit dan terdiri dari lemak. Kondisi ini umumnya di alami oleh mereka yang telah berusia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan anak-anakpun daopat mengalami kondisi serupa.

Limpoma umumnya bersifat lunak pada perabaan, dapat di gerakkan, dan tidak nyeri. Pertumbuhannya lambat dan jarang sekali menjadi ganas. Limpoma kebanyakan berukuran kecil, namun dapat tumbuh hingga diameter mencapai 6 cm. Lipoma biasanya tumbuh di kepala, leher, bahu, punggung dan juga lengan.

Pada dasarnya kondisi ini tidak perlu tindakan apapun. Ada beberapa alternatif yang dapat ayah anda lakukan selain operasi, yaitu dengan melakukan pola hidup sehat. Diantaranya:
- Rajin berolahraga.
- Menghindari makanan berlemak.
- Rutin mengonsumsi jus brokoli atau wortel.
- Memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah.
- Rutin mengonsumsi bawang putih ( 3 siung di pagi dan sore hari).

Akan tetapi, jika kondisi tersebut terus berkembang menjadi nyeri dan mengganggu pergerakan, ada baiknya anda berkonsultasi kembali dengan dokter, dan mencari solusi terbaik untuk mengatasinya. Semoga dapat membantu.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top