Manfaat faksin untuk bayi dan balita


Meriliana

By Meriliana
Sabtu, 20 Agustus 2016 07:24:26

Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Selasa, 23 Agustus 2016 11:13:43

Hallo Merliana, terimakasih sebelumnya telah menggunakan layanan aryanto.id.

Vaksin imunisasi merupakan cara dan upaya yang di lakukan secara sengaja dengan memberikan kekebalan (imunisasi) pada bayi atau anak sehingga dapat terhindar dari berbagi macam penyakit sesuai dengan  jenis imunisasi yang di berikan. Manfaat dan tujuan vaksinasi pada anak yaitu agar mereka dapat terhindar dari berbagai ancaman virus ataupun bakteri dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pada tubuh mereka.

Umumnya anak di berikan vaksinasi imunisasi semenjak mereka berumur 0,2 tahun hingga mereka beranjak sebusia 6 tahun bahkan hingga mereka beranjak remmaja. bentuk pemberian vaksinasi imunisasi sendiri dapat berbentuk suntikan dan juga oral (melalui mulut). Pada saat ini, imunisasi di bedakan menjadi 2 kategori yaitu imunisasi wajib atau dasar dan imunisasi tambahan. Imunisasi wajib meliputi BCG, Polio, Hepatitis B, DPT dan campak. Sedangkan imunisasi tambahan di anjurkan untuk menambah daya tahan tubuh terhadap beberapa jenis penyakit, dimana vaksinnya di antaralain adalah Hib, Pneumokokus (PCV), influenza, MMR, Tifoid, Hepatitis A, Varisela dan juga HPV.

Jika seorang anak ketinggalan salah satu dari vaksinasi tersebut, untuk mengejar ketinggalannya anda dapat memberikan nya pada rentan usia 1-4 tahun. Karena pada saat itulah merupakan imunisasi pengulangan yang bertujuan untuk memperpanjang masa kekebalan imunisasi dasarnya. Masa ini juga di peruntukan bagi mereka yang mengalami keterlambatan imunisasi. Selanjutnya, imunisasi yang terlambat juga masih bisa di lakukan pada masa anak usia sekolah dan remaja, sebagai persiapan mereka menuju dewasa. Semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan


Tambah Pertanyaan
Top