apa manfaat mengonsumsi air daun kersen ?


Yulia Nuraeni

By Yulia Nuraeni
Rabu, 24 Agustus 2016 15:35:03

Dok, saya sering kali melihat ibu saya mengonsumsi air rebusan daun kersen. Dan ketika saya tanya, katanya itu baik untuk kesehatan dan bisa mengobati penyakit juga. Apakah benar daun kersen bisa mengobati penyakit ? dan apakah itu aman dikonsumsi dalam jangka panjang ?
Dan apakah buahnya juga memiliki manfaat yang sama ? soalnya saya suka mengonsumsi buahnya.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 24 Agustus 2016 15:54:58

Halo, Yulia Nuraeni. Terimakasih telah menggunakan layanan aryanto.id.

Tanaman kersen memiliki begitu banyak manfaat, salah satunya yaitu terkandung pada daunnya. Beberapa manfaat dari daun kersen untuk kesehatan diantaranya adalahs ebagai antitumor, karena mengandung senyawa tanin, flavonoid, dan saponin. Rebusan daun kersen juga bisa menjadi antiseptik dan antiinflamasi atau antiradang.

Selain itu, penggunaan daun kersen untuk menurunkan kadar gula dalam darah atau untuk mengatasi diabetes juga sudah dimanfaatkan sejak lama. Beberapa ilmuwan yang meneliti daun kersen mengetahui jika daun kersen mengandung senyawa kimia golongan saponin dan flavonoid yang dapat bekerja sebagai antioksidan, sehingga bisa menyekresi hormon insulin yang dibutuhkan untuk metabolisme gula.

Tidak hanya itu, beberapa manfaat lain dari daun kersen diantaranya baik untuk melindungi fungsi otot jantung, anti kolesterol dan juga anti hipertensi.

Sama halnya dengan daunnya, buah kersen juga memiliki khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan. Buah kersen bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit, seperti asam urat, menyembuhkan diabetes, meredakan gejala flu, mengatasi kaku dan kejang di bagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare, menurunkantekanan darah tinggi, dan lainnya.

Berikut kami sertakan artikel yang membahas secara lengkap mengenai kandungan dan khasiat buah kersen untuk kesehatan :

Kandungan Gizi Buah Kersen yang Kaya Manfaat

Semoga informasi yang kami sampaikan bisa membantu. Terimakasih.



Balas Pertanyaan


Tambah Pertanyaan
Top