nama obat untuk mengobati penyakit gagal jantung


Muhammad Dikri

By Muhammad Dikri
Jum'at, 26 Agustus 2016 13:49:10

Assalamualaikum,
Ayah saya menderita penyakit gagal jantung sudah cukup lama. Dan tidak kunjung ada perubahan, meskipun telah berobat ke beberapa dokter. apakah ada obat yang cocok untuk mengobati penyakit gagal jantung ?
Terimakasih.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Jum'at, 26 Agustus 2016 14:22:23

Waalaikumsalam,

Kami mengerti dengan kekhawatiran yang Anda alami. Penyakit gagal jantung merupakan masalah kesehatan yang berbahaya dan dapat mengancam nyawa penderitanya. Sebagian besar penderita gagal jantung harus minum obat dalam jangka panjang atau bahkan seumur hidup untuk bisa mengendalikan gejalanya.

Beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi gagal jantung diantaranya adalah :

Diuretik. Obat ini dapat membantu mengurangi cairan di dalam tubuh melalui pembuangan air urin. Diuretik bisa meredakan gejala sesak napas dan pembengkakan pergelangan kaki pada penderita gagal jantung. Informasi obat diuretik untuk penderita gagal jantung bisa dilihat disini : Obat Diuretik Untuk Penderita Gagal Jantung Spirolonactone

Digoxin. Biasanya obat ini diresepkan pada paenderita gagal jantung yang gejalanya tidak kunjung reda oleh obat diuretik, obat penghambat beta, ACE inhibitor, dan ARB. Digoxin bisa memperlambat denyut jantung dan meningkatkan kekuatan kontraksi otot.

Obat penghambat beta. Obat ini dapat memperlambat detak jantung dan melindungi organ tersebut dari zat adrenalin dan noradrenalin di dalam tubuh. Obat penghambat beta umumnya digunakan pada penderita jantung akibat ventrikel kiri yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh tidak berfungsi dengan baik. Contoh obat ini adalah nebivolol, carvedilol, dan bisoprolol.

Obat penghambat aldosteron. Kinerja obat ini hampir sama dengan diuretik, yaitu mengurangi cairan berlebih di dalam tubuh. Perbedaannya dengan diuretik adalah obat ini tidak mengakibatkan potasium terbuang dari tubuh dan mengurangi risiko timbulnya kerusakan pada otot jantung.

Obat penghambat enzim pengubah angiotensin atau ACE inhibitor. Obat ini dapat mengurangi tekanan darah denganmemperlebar pembuluh darah, sehingga lebih memudahkan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Ivabradine. Obat ini umumnya dijadikan alternatif pada penderita gagal jantung yang intoleran terhadap penghambat beta dan juga sebagai tambahan jika pemberian obat penghambat beta tidak cukup dalam memperlambat detak jantung. Obat ini memperlambat detak jantung dan hanya cocok digunakan oleh mereka yang ritme jantungnya normal.

Obat penghambat reseptor angiotensin atau ARB. Sama halnya dengan obat penghambat enzim pengubah angiotensin atau ACE inhabitor, obat ini juga bekerja dengan mengurangi tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah.

Sebelum menggunakan obat-obatan untuk mengatasi penyakit gagal jantung, alangkah baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan pengobatan mana yang cocok dengan kondisi ayah Anda. Semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top