cara menghentikan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol


Wahyu Ramadhan

By Wahyu Ramadhan
Senin, 29 Agustus 2016 13:59:16

Min, adakah cara yang efektif untuk menghentikan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol ?
Sudah lama saya ingin menghentikan kebiasaan ini, tapi setiap kali mencoba keinginan untuk minum semakin besar. Sehingga saya sulit untuk menghilangkannya. Mohon bantuannya. Terimakasih.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 31 Agustus 2016 16:06:06

Selamat sore, Wahyu Ramadhan.

Menghentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol tampaknya tidak begitu mudah. Namun, dengan teknologi medis, batuan komunitas, dan bimbingan psikologis yang efektif akan membuat proses ini jauh lebih mudah.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk berhenti mengonsumsi minuman beralkohol :

Ubah Gaya Hidup

Langkah pertama ini bisa dimulai dengan membuang seluruh botol minuman keras yang masih ada di rumah untuk mengurangi hasrat untuk mencicipinya. Selama proses ini, sebaiknya hindari hal-hal yang bisa memicu Anda untuk mengonsumsi minuman alkohol.

Untuk sementara mungkin Anda bisa menjauhi orang-orang yang sebelumnya sering menemani Anda ketika mabuk. Jika Anda diajak untuk mengonsumsi minuman keras, tolak dengan sopan dan katakan kepada tentang keinginan Anda untuk berhenti mengonsumsi minuman beralkohol.

Anda juga  bisa melakukan kegiatan positif yang bisa mengalihkan keinginan dari minuman keras, seperti melakukan hobi, olahraga, ikut kegiatan sosial, berkumpul bersama keluarga, atau bergabung dengan komunitas antialkohol. Pastikan Anda berada bersama orang-orang berenergi positif yang bisa mendukung perbaikan hidup Anda.

Jalani Pengobatan Medis

Mengubah gaya hidup mungkin saja belum cukup untuk membantu menghentikan kebiasan mengkonsumsi minuman beralkohol. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena ketergantungan Anda bisa diatasi melalui medis. Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan mengikuti program detoksifikasi atau rehabilitasi.

Mengonsumsi obat-obatan tertentu jugabisa menekan hawa nafsu untuk mengonsumsi minuman beralkohol. Terdapat pula obat yang bisa memberikan efek tidak enak ketika Anda mengonsumsi minuman keras. Sehingga ketika Anda mengonsumsi minuman keras selama menjalani pengobatan, Anda akan merasa sakit kepala, mual, atau muntah. Untuk kasus yang lebih parah, ada obat yang bisa disuntikkan.

Jangan lupa untuk selalu konsultasikan dengan dokter Anda mengenai hal-hal positif yang bisa membantu Anda lepas dari ketergantungan minuman keras. Semoga membantu.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top