susah BAB pada bayi


Ratna Juwita

By Ratna Juwita
Jum'at, 02 September 2016 10:01:00

Saya punya anak 6 bulan , khawatir banget sudah 2 minggu dia tidak BAB disaat mau BAB malah susah dan keras , bagaimana cara mengatasinya ? mhon jwbn ya ..



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Selasa, 06 September 2016 15:54:03

Hallo Ratna Juwita,

Susah BAB atau konstipasi adalah kondisi sulit buang air besar secara teratur, tidak bisa benar-benar tuntas,  atau tidak bisa sama sekali. Secara umum, seseorang bisa dianggap mengalami konstipasi apabila buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

1. Memijat perut bayi
Si kecil akan merasa kesakitan saat ia mengalami masalah susah BAB. Cobalah memijat bagian bawah pusar bayi, yaitu sekitar tiga jari dari pusar dengan lembut untuk membuat si kecil menjadi lebih rileks.

2. Membuat anak lebih aktif
Salah satu cara agar feses terdorong oleh usus, ajak anak untuk bergerak lebih aktif. Jika bayi sudah bisa merangkak, maka membuatnya merangkak lebih sering. Jika masih belum bisa, menggerakkan kaki bayi selayaknya mengayuh sepeda bisa membantu.

3. Mandikan air hangat
Memandikan bayi dengan menggunakan air hangat dipercaya dapat membantu si kecil lebih rileks dan membuat saluran pencernaan lebih mudah untuk mengeluarkan kotoran.

4. Mengganti susu formula
Jika si kecil mengalami susah buang air besar sejak mengonsumsi susu formula, maka gantilah dengan merek yang berbeda. Konsultasikan dengan dokter anak untuk mendapatkan susu formula yang sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

5. Cukupi kebutuhan air
Pastikan kebutuhan air  si kecil tercukupi, untuk membuat proses pencernaan berjalan dengan lancar. Anda dapat memberikan sebotol air untuk membantu kinerja sistem pencernaannya.


Untuk mengetahui informasi selengkapnya silahkan lihat penyebab konstipasi pada bayi dan cara mengatasinya.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top