cara mengatasi kaki terkilir tanpa di urut


Irfan Fauzi

By Irfan Fauzi
Rabu, 07 September 2016 09:04:04

Kemarin kaki saya terkilir saat sedang main sepak bola. Saya tidak langsung mengurutnya dan hanya mengompresnya dengan es batu. Apakah ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengobati kaki terkilir tanpa harus di urut ?



Ana Rediana
Admin

By Ana Rediana
Rabu, 29 Maret 2017 15:33:55

Hai Irfan Fauzi ,


Berikut ini ada 5 cara mengatasi kaki tanpa diurut diantaranya :


1. Protection
Segera lindungi daerah cedera. Jauhi cedera dari kemungkinan tertekan atau kembali cedera. Jika cedera terdapat di kaki, tidak dianjurkan untuk dipergunakan jalan.


2. Rest
Istirahatkan daerah yang mengalami cedera dengan tahap perlindungan di atas. Cedera harus diistirahatkan setidaknya sampai tiga hari. Namun, cedera akut akan sembuh dalam waktu tiga hari atau kurang.


3. Icing
Icing atau mengompres bagian otot atau sendi yang cedera dengan es. Hal ini sangat disarankan oleh pakar kesehatan. Pasalnya, cedera akan menimbulkan peradangan yang bersifat panas, sehingga pemberian es pada daerah cedera akan dapat meredakan peradangan.


"Beri kompres lima menit setiap empat jam sekali pada radang yang akut. Ini sudah pernah dilakukan penelitiannya, dan terbukti dapat menyembuhkan cedera degan cepat.


Tidak dianjurkan untuk menggunakan balsam atau obat luar. Pasalnya, pemberian obat luar memicu pembengkakan. Hindari obat panas saat cedera.


4. Compression
Saat mengompres berikan sedikit tekanan pada daerah yang mengalami cedera. Hal ini dapat membantu mempercepat penyembuhan.


5. Elevation
Agar darah tidak mengumpul pada daerah yang meradang, dianjurkan untuk mengangkat bagian
yang cedera lebih tinggi dari posisi jantung. Lakukan hal ini sampai bengkak terlihat berkurang.


Semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top