Susah buang air besar


Dewi Rinjani

By Dewi Rinjani
Sabtu, 11 Maret 2017 19:53:29

Susah bab



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Senin, 13 Maret 2017 11:46:00

Halo, Dewi Rinjani. Terimakasih telah menggunakan layanan diskusi dan bertanya ke aryanto.id

Susah buang air besar atau merupakan salah satu keluha yang terjadi pada sistem pencernaan. Kondisi ini terjadi ketika frekuensi buang air besar menjadi berkurang. Sebenarnya frekuensi buang air besar pada setiap orang berbeda-beda. Tidak ada patokan baku mengenai berapa kali normalnya buang air besar dalam sehari atau seminggu.

Penyebab susah buang air besar sering kali sulit untuk diketahui secara pasti. Namun, secara umum, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan susah buang air besar, antara lain pola makan yang buruk, kehamilan, menunda keinginan buang air besar, pengaruh obat-obatan, atau karena kondisi kesehatan tertentu.

Pengobatan susah buang air besar yang tepat tergantung pada penyebabnya. Secara umum, susah buang air besar dapat diatasi dengan cara mengubah pola makan dan gaya hidup, tentu ini merupakan langkah awal yang bisa kita lakukan sendiri.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi susah buang air besar :



  1. Jangan menunda untuk buang air besar ketika merasa butuh dan mendesak untuk melakukannya.

  2. Cukupi kebutuhan air putih untuk mencegah dehidrasi.
    Perbanyak konsumsi serat, setidaknya 18-30 gram per hari. Serat bisa didapat dari buah-buahan, sayuran, ataupun sereal.

  3. Jika konstipasi pada anak, berikan buah-buahan untuk melancarkan buang air besar, seperti stroberi, apel, anggur, pir, atau kismis. Buah-buahan ini juga bisa dikonsumsi oleh orang dewasa.

  4. Anda bisa mengonsumsi obat penghilang nyeri, seperti parasetamol atau aspirin jika konstipasi sudah menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Namun, obat aspirin tidak dianjurkan untuk anak usia di bawah 16 tahun.

  5. Lebih banyak olahraga. Anda bisa melakukan olahraga yang sederhana dan ringan untuk dilakukan, seperti berjalan kaki atau berlari ringan sudah cukup, asalkan dilakukan secara rutin.

  6. Terapkan rutinitas buang air besar ke toilet, misalnya kapan dan di toilet mana Anda nyaman untuk buang air besar. Penerapan rutinitas ini juga perlu dilakukan untuk anak

  7. Anda. Bantu anak untuk membiasakan diri dengan aktivitas ini dan berikan pujian atau penghargaan jika anak telah melakukannya.

  8. Ketika buang air besar di toilet duduk, posisikan kaki di bangku rendah agar lutut berada di atas pinggang. Posisi ini dapat membuat kotoran lebih mudah keluar.


Jika perubahan gaya hidup tersebut tidak membantu, maka dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan pencahar atau obat pelancar BAB untuk Anda. Semoga membantu.



Susah buang air besar
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Susah bab
- by ,
4 / 5 stars
Balas Pertanyaan


Tambah Pertanyaan
Top