Apakah bronkitis bisa sembuh total ?


Rina

By Rina
Senin, 13 Maret 2017 10:14:55

Selamat pagi, saya memiliki kakak yang baru-baru ini didiagnosis mengidap penyakit bronkitis. Setelah melakukan serangkaian pengobatan, apakah penyakit bronkitis itu bisa sembuh total ?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Senin, 13 Maret 2017 11:23:15

Selamat pagi, Rina. Terimakasih telah menggunakan layanana diskusi aryanto.id.

Bronkitis merupakan salah satu penyakit peradangan yang terjadi pada saluran napas bagian dalam paru-paru atau bronkus. Penyakit bronkitis terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :



  1. Bronkitis akut, keluhan yang bertahan selama dua hingga tiga minggu. Infeksi pada bronkitis akut paling banyak disebabkan oleh virus atau bakteri.

  2. Bronkitis kronis, keluhan batuk berdahak yang bertahan setidaknya 3 bulan dalam setahun dan berulang lagi di tahun berikutnya. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh kebiasaan merokok dan bronkitis akut yang kambuh-kambuhan.


Batuk kering merupakan gejala utama dari penyakit bronkitis. Namun, ada juga kemungkinan batuk akan mengeluarkan lendir kental berwarna kuning keabu-abuan, meskipun ini tidak selalu terjadi. Gejala bronkitis lainnya yang mungkin timbul, diantaranya seperti sakit kepala, sesak napas, kelelahan, badan terasa nyeri, tenggorokan sakit, sedikit demam dan menggigil, serta hidung dan sinus yang tersumbat.

Pada kebanyakan kasus, bronkitis bisa ditangani di rumah. Anda hanya perlu menemui dokter jika gejala bronkitis yang timbul menjadi semakin parah dan tidak seperti biasanya, yaitu :



  • Batuk yang dialami lebih parah dan bertahan lebih dari 3 minggu

  • Mengalami demam selama lebih dari 3 hari

  • Batuk berdahak yang diikuti dengan darah

  • Anda menderita penyakit jantung atau paru-paru yang menjadi penyebab dasarnya. Misalnya penyakit asma, emfisema, atau gagal jantung.


Pengobatan bronkitistergantung dari jenis penyakit bronkitis yang Anda idap. Pada bronkitis akut, biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan medis dengan istirahat yang cukup dan menjalani pola hidup sehat. Anda juga bisa mengonsumsi obat bronkitis alami untuk membantu meringankan gejala bronkitis. Namun, kemungkinan dokter akan memberikan antibiotik jika ada kemungkinan terjadinya infeksi bakteri.

Sedangkan untuk bronkitis kronis, pengobatan dilakukan dengan cara yang sama seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Penderita bronkitis kronis juga disarankan untuk menghindari obat-obatan yang dibeli bebas dari apotek, kecuali sesuai dengan saran dokter. Dokter akan meresepkan obat jika mukosa atau lendir sulit untuk dikeluarkan. Selain itu, penderita bronkitis kronis juga sangat disarankan untuk berhenti merokok agar kondisinya tidak semakin parah.

Selain melakukan pengobatan, lakukan juga olahraga secara teratur 3 kali dalam seminggu untuk menguatkan otot-otot pernapasan. Olahraga bisa dimulai dengan berjalan selama 20 menit yang kemudian secara bertahap ditingkatkan kecepatan dan waktunya. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda.

Semoga membantu.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top