Sakit perut saat haid apakah berbahaya?


Maisya

By Maisya
Kamis, 06 April 2017 07:39:30

Saya sering kali sakit perut atau kram saat haid berlangsung mulai dari pertama kali saya mengalami menstruasi. Namun biasanya nyeri itu hanya berlangsung 1-2 hari pertama haid. Namun, beberapa bulan belakangan ini nyeri haid berlebih itu berlangsung mulai dari hari pertama sampai haid saya selesai. Dan yang menjadi pertanyaan saya apakah sakit perut saat haid saya alami ini berbahaya? Mohon penjelasannya.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Kamis, 06 April 2017 08:48:19

Hello Maisya,

Sakit perut saat haid dalam istilah medis di sebut dengan dimenorea yang mana merupakan kondisi kram otot yang di rasakan pada perut bagian bawah, yang pada umumya dapat menyebar hingga punggung dan paha. Nyeri haid ini sendiri adalah bentuk dari dampak kontraksi otot dalam peluruhan dinding rahim untuk mengeluarkan darah haid itu sendiri. Adapun selain menyebabkan kram perut, gejala dismenore lainnya yang mungkin menyertai adalah:

- Mual
- Sakit kepala
- Merasa lelah
- Ingin pingsan
- Diare

Selain dari pada kontraksi pada dinding rahim, penyebab nyeri haid sendiri dapat di picu oleh beberapa faktor lainnya seperti halnya:

- Fibroid
- Endometriosis
- Adenomiosis
- Penyakit radang panggul
- Alat kontrasepsi iud
- Penyempitan serviks

Adapun nyeri haid yang anda alami bisa di kategorikan normal bahkan bisa berbahaya. Karena pada dasarnya dismenore sendiri di bagi ke dalam 2 bagian, yaitu:



  • Dismenore primer: Nyeri haid yang telah berlangsung saat seorang wanita mengalami haid pertama kalinya. Dan kondisi ini dianggap normal  karena di sebabakan oleh faktor rahim atauu ketidakseimbangan steroid  seks ovarium. Dan biasanya akan menghilang 1-2 hari pertama haid, dan akan hilang secara menyeluruh setelah melahirkan anak pertama.

  • Dismenore sekunder: Nyeri haid yang timbul pada periode haid ke sekian kalinya, padahal pada beberapa periode sebelumnya tidak pernah mengalaminya. Kondisi ini paling umum di alami pada wanita berusia 20-40 tahun. Ciri paling umum dari jenis dismenore ini adalah merasakan nyeri yang luar biasa selama haid dan  dan akan menghilang setelah haid selesai. Kondisi ini di kategorikan sebagai kondisi yang abnormal karena di sebabakan adalah masalah kesehatan pada organ reproduksi dan penggunaan obat-obatan antinyeripun tidak akan berpengaruh.


Namun, untuk lebih memastikan kondisi anda tersebut ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter spesialis kandungan. Sementara itu, selain mengonsumsi obat nyeri haid atau obat pereda nyeri, anda bisa melakukan beberapa cara meredakan nyeri haid secara alami di rumah, seperti:

- Kompres air hangat
- Mandi air hangat
- Melakukan relaksasi
- Berolahraga ringan secara tertur
- Menggunakan alat kontrasepsi awal
- Mengonsumsi suplemen atau makanan sehat yang mengandung vitamin E, omega 3 dan vitamin B

Simak juga artikel cara menghilangkan sakit perut saat menstruasi ini.

Semoga membantu.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top