Bahan Alami Untuk Atasi Penyakit Maag


Fitria

By Fitria
Kamis, 01 Juni 2017 08:09:12

Dok, kalau untuk mengatasi sakit maag, bahan - bahan alami apa yang bisa gunakan?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 07 Juni 2017 10:00:13

Selamat pagi, Fitria.
Terimakasih telah menggunakan layanan aryanto.id.


Sebelum membahas mengenai bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk mengobati sakit maag, disini kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai sakit maag, penyebab, dan juga gejalanya.


Sakit maag merupakan gejala penyakit yang menyerang lambung yang disebabkan karena terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Selain akibat adanya luka pada lambung, sakit maag juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres.


Beberapa gejala yang kemungkinan dapat dirasakan oleh penderita sakit maag, diantaranya adalah sakit ketika buang air besar, mual dan muntah, sering merasa lapar, perut kembung, nyeri yang terasa perih pada perut dan dada, serta sering bersendawa.


Untuk meredakan sakit maag, biasanya penderita harus mengonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter. Obat-obatan untuk sakit maag umumnya dikonsumsi 2 jam sebelum makan dan dua jam sesudah makan.


Selain mengonsumsi obat yang telah diresepkan dokter, ada beberapa bahan alami yang diketahui dapat membantu menetralisir asam lambung. Berbeda dengan obat generik sakit maag resep dokter ataupun yang tersedia di apotek, ramuan herbal untuk sakit maag ini sangat aman untuk dikonsumsi.


Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa membantu mengatasi sakit maag, diantaranya adalah :


Kunyit


Kunyit memiliki khasiat untuk mengobati sakit maag, hal ini disebabkan karena kunyit banyak menganung zat aktif seperpti kurkumin dan minyak atsiri yang mampu menyembuhkan sakit maag akut, bahkan kunyit juga baik untuk mengobati sakit maag kronis. Cara membuat ramuan alami dari kunyit, yaitu :



  • Siapkan 50 gram kunyit yang telah dicuci bersih.

  • Iris kecil kunyit dan parut

  • Tambahkan air panas kemudian peras airnya

  • Minum air perasan kunyit ini sebanyak 2 kali sehari hingga kondisi sakit maag membaik.


Daun salam


Daun salam juga diketahi memiliki khasiat untuk mengobati sakit maag. Keefektifan pengobatan alami ini sudah dibuktikan. DAun salah memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk mengobati maag. Cara untuk membuat ramuan dari daun salam diantaranya adalah :



  • Rebus 15-20 lembar daun salam (pilih daun salam yang tidak tua dan tidak muda) dengan setengah liter air

  • Setelah mendidih, campurkan dengan gula batu untuk menambahkan rasa manis

  • Minum ramuan tersebut setiap hari untuk membantu mengatasi sakit maag.


Madu dan lidah buaya


Khasiat madu bagi kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, madu juga bermanfaat untuk melindungi lambung dari bakteri dan kuman. Sedangkan lidah buaya sendiri memiliki kandungan minyak atsiri yang juga terdapat dalam kunyit. Selain itu, zat aloebarbadiod dan aloemoedin pada lidah buaya juga mampu melancarakan sistem pencernaan.


Untuk membuat ramuan madu dan lidah buaya untuk mengatasi sakit maag, caranya adalah :



  • Siapkan 500 gram lidah buaya

  • Potong lidah buaya dan cuci dengan air mengalir hingga lendirnya hilang

  • Setelah brsih, haluskan lidah buaya dengan blender untuk dijadikan jus

  • Tambahkan madu secukupnya

  • Minum ramuan obat sakit maah ini 2 kali sehari


Selain mengonsumsi ramuan herbal, Anda juga harus memperhatikan pola makan dan menghindari berbagai jenis makanan penyebab sakit maag. Juga jalankan pola hidup sehat dengan menghindari rokok, alkohol, makanan serta minuman berkafein, dan istirahat yang cukup. Obat herbal QnC Jelly Gamat juga bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk membantu mengatasi sakit maag secara alami dan juga efektif. Semoga membantu.


Artikel terkait sakit maag :


Obat Maag Kronis untuk Anak dan Ibu Hamil
Gejala Penyakit Maag



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top