Keputihan


Ayu

By Ayu
Selasa, 22 Mei 2018 18:51:02

Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 23 Mei 2018 14:24:47

Selamat siang, Ayu. Sebelumnya terimakasih telah bergabung dengan layanan diskusi aryanto.id.

Keputihan merupakan hal yang wajar terjadi pada perempuan pada segala usia. Namun, Anda perlu waspada jika kpeutihan yang terjadi disertai dengan perubahan warna tertenu, seperti keputihan berwarna coklat, baik coklat muda maupun cuklat gelap. Karena jal ini bisa menjadi pertanda dari kondisi tubuh tertentu.

Keputihan yang berwarna coklat bisa disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab, dari yang ringan hingga yang berat. Biasanya keputihan berwarna coklat terjadi pada akhir periode menstruasi atau bisa juga terjadi pada masa kehamilan. Jika keputihan tidak hanya berwarna, tetapi juga disertai dengan bau tidak sedap, gatal, atau gejala lainnya, maka bisa jadi itu merupakan gejala atau tanda-tanda adanya gangguan kesehatan.

Keputihan yang berwarna coklat juga bisa disebabkan oleh ovulasi. Pada beberapa wanita, ovulasi juga bisa disertai dengan keluarnya bercak darah/spotting berwarna coklat ataupun merah. Hal ini merupakan kondisi yang normal.

Selain itu, beberapa wanita dapat mengalami nyeri perut dan pinggang saat ovulasi. Gejalanya dapat bervariasi dari nyeri ringan hingga berat, dan umumnya hanya berlangsung selama 1-2 hari. Namun demikian, berbagai kondisi lainnya juga bisa menyebabkan timbulnya nyeri perut dan pinggang, seperti diantaranya :

1. Kista ovarium
2. Batu ginjal
3. Infeksi ginjal
4. Infeksi saluran kemih/ISK
5. Penyakit radang panggul
6. Sindrom iritasi usus
7. Gangguan usus besar
8. Kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)
9. Endometriosis (lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rahim)
10. dll

Jika keluhan yang Anda alami terus terjadi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang yang diperlukan, seperti tes cairan vagina, USG, dan sebagainya. Dengan dimikian, maka penyebabnya bisa diidentifikasikan dan ditangani secara tepat.

Semoga membantu.


 


Artikel terkait :

Berbahayakan Wanita Mengalami Keputihan Berwarna Coklat?



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top