obat BAB sering tidak tuntas ada tonjolan di anus


Nisa Ihsani

By Nisa Ihsani
Senin, 09 Mei 2016 12:39:53

Saya seorang wanita usia 20tahun belum pernah hamil tapi ketika BAB sering tidak tuntas dan ada benjolan kecil di bibir anus, apa saya menderita ambeien dan bagaimana cara mengobatinya ?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Senin, 11 Juli 2016 13:40:50

Pada dasarnya buang air besar yang tidak tuntas disebabkan karena pola makan dan kebiasaan yang tidak sehat. Terdapat beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya BAB tidak tuntas, umumnya disebabkan karena kurangnya serat dalam tubuh. Selain itu, kebiasaan yang tidak sehat, seperti kurang minum dan sering menunda buang air besar juga sangat memengaruhi kelancaran dan ketuntasan buang air besar.

Buang air besar yang tidak tuntas bisa memicu timbulnya penyakit wasir atau ambeien, yang salah satu cirinya adalah adanya benjolan di anus. Selain itu, gejala lain dari penyakit wasir diantaranya adalah :

Mengalami gatal-gatal di sekitar anus
Keluarnya mukosa atau lendir setelah buang air besar
Perdarahan setelah buang air besar
Rasa sakit, memerah dan pembengkakan di sekitar anus
Terdapat benjolan yang tergantung di luar anus. Benjolan ini biasanya didorong kembali setelah buang air besar.

Untuk mengatasi wasir, Anda disarankan untuk menjaga pola makan yang sehat dengan cukup minum, mengonsumsi makanan berserat (seperti buah dan sayur). Berolahrag asecara teratur juga bisa menjaga fungsi saluran cerna tetap normal. Untuk wasir yang lebih parah, bisa dilakukan tindakan operas pengangkatan benjolan untuk mengatasi wasir.

Lakukan pemeriksaan dan selalu konsultasikan dengan dokter mengenai gejala yang Anda alami serta mengenai teknik pengobatan yang tepat untuk Anda.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top