efek samping obat asam mefenamat untuk asam urat


Nani

By Nani
Senin, 09 Mei 2016 21:20:31

ibu saya rutin mengkonsumsi asam mefenamat untuk meredakan nyeri sendi sudah saya larang namun kekeh beli sendiri di apotek, apakah ada efek samping nya bila dikonsumsi terus menerus ?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Senin, 11 Juli 2016 15:04:56

Asam mefenamat merupakan salah satu jenis obat anti inflamasi non steroid. Obat ini berfungsi untuk meredakan sakit tingkat ringan hingga menengah, serta mengurangi inflamasi atau peradangan.

Asam mefenamat tersedia dalam berbagai merk dan dapat digunakan dalam bentuk tablet serta obat cair yang diminum. Namun, penggunaannya tetap harus sesuai dengan resep dokter.

Dosis asam mefenamat tergantung pada tingkat keparahan rasa sakit serta respons tubuh terhadap obat. Namun, pada umumnya obat ini dikonsumsi sebanyak 500 mg 3 kali sehari. Penggunaan asam mefenamat khususnya untuk lansia berusia diatas 65 tahun sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dokter.

Sama halnya dengan obat-obatan lain, asam mefenamat juga berpotensi menyebabkan efek samping, seperti diantaranya nyeri ulu hati, gangguan pencernaan, tidak nafsu makan, mual dan muntah, sakit kepala, serta mengantuk dan kelelahan.

Jika mengalami efek samping yang serius, seperti sariawan, diare, tinja berwarna hitam atau berdarah, dan muntah darah, segera hentikan penggunaan obat dan lakukan pemeriksaan ke dokter Anda.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top