anak panas kompres pake air dingin atau hangat ?


iwan sulistiawan

By iwan sulistiawan
Selasa, 10 Mei 2016 22:03:06

kalau pake air hangat takutnya malah panasnya jadi bertambah, tapi pas lihat di internet ada yang menyarankan pake air hangat bu bidan bagimana ya ?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 13 Juli 2016 15:52:33

Kompres merupakan salah satu pertolongan pertama yang sering dilakukan untuk menurunkan panas anak. Namun, ibu jangan salah dalam mengompres anak. Kompres yang benar adalah kompres hangat atau air suam kuku. Jika ibu menggunakan kompres dingin, maka demam hanya akan turun sesaat dan justru akan menimbulkan demam yang lebih tinggi setelahnya.

Selain pemilihan jenis kompres, ibu juga sering salah paham dalam letak pengompresan. Biasanya ibu hanya mengompres anak di dahi saja. Sebenarnya kompres air hangat dapat membuat seluruh reseptor demam di tubuh menyadari anak sedang mengalami lonjakan suhu. Tubuh merespons demam dengan mengeluarkan zat-zat yang bisa menurunkan demam. Reseptor demam kita ada diseluruh permukaan kulit.

Jadi, letak untuk mengompres bukan hanya dikening/dahi saja. Dengan menghangatkan seluruh permukaan kulit, terjadi pelebaran pembuluh darah di seluruh kulit, sehingga aliran darah bertambah dan panas tubuh semakin cepat dibuang ke udara.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top